GpriGpY8TUW8TSCpTpA7BUAiTi==

BUAH SALI, BUAH LANGKA SEGUDANG MANFAAT

FOTO/ELEMENRAKYAT.COM : Buah Sali yang sudah Matang

ELEMEN RAKYAT.COM - Buah Sali yang Asli dari Indonesia ini, Memiliki nama latin Syzygium polycephalum (Miq) yang merupakan tanaman Jambu-jambuan. Buah sali atau yang lebih dikenal dengan sebutan Buah gowok ini sudah hampir tidak ditemukan lagi di pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia. buah yang terkenal di Sumatera pada era 80-90an membuat semua wilayah di Indonesia mengeluhkan kelangkaan buah sali ini.

Rasa dari buah sali ini dominan dengan rasa asam manis, buah yang di anggap memiliki daya jual rendah. Hal itu menyebabkan semakin langkanya keberadaan buah sali di Indonesia. Karena pedagang buah Indonesia enggan menaruh buah sali di etalase dagangannya.

Pohon buah sali bisa mencapai tinggi antara 8-20 meter dengan garis tengah batang bagian bawah mencapai 50 Cm. Daunnya tunggal berbentuk lonjong, panjang daun sekitar 17-25 Cm dan lebar 6-7Cm. Buah sali masih berkerabat Dengan buah Jamblang (Syzygium Cimini) dan Jambu Semarang (Syzygium Samarangense). 

Jika sedang berbuah Bentuk bunganya malai dengan mahkota bunga berwarna putih dan benang sari banyak. Buah sali memiliki Daging buah berwarna putih atau keunguan. Daging buahnya banyak mengandung sari buah dengan rasa asam manis agak sepat, memiliki biji berbentuk gepeng dengan kuliah putih atau merah ungu.

Beberapa Daerah memiliki sebutan tersendiri untuk buah Sali. Seperti di daerah Jawa menyebutnya dengan buah Gowok, buah kaliasem di pulau Dewata, Buah Kepa untuk wilayah Betawi dan Sebutan di daerah Sunda yaitu buah Kupa, Sedangkan sakit Sebutan untuk Sebagian besar wilayah Sumatera.


Disamping kelangkaannya, Tidak banyak yang tahu kalau buah sali ini memiliki segudang manfaat bagi manusia. Berikut beberapa Khasiat yang dapat diambil dari buah sali ini sebagai berikut;

1. Menghilangkan Mabuk Karena Alkohol 
Ambil secukupnya buah sali yang sudah matang kemudian cuci bersih lalu peras hingga mengeluarkan cairannya untuk d minum.

2. Mengobati Diare
Cara Mengkonsumsinya yaitu siapkan kurang lebih 15gr kulit batang buah Sali kemudian cuci bersih lalu Rebus selama kurang lebih 10 menit dengan 1 gelas air, kemudian setelah di rebus selama 10 menit, angkat dan Dinginkan Saring setelah dingin, Kemudian minum Secara teratur sampai Diare sembuh.

3. Mengobati Kudis atau Gatal
Caranya dengan mengambil daun atau kulit batang lalu cuci bersih lalu haluskan, kemudian oleskan pada kulit yang Sakit ulangi sampai penyakit sembuh.


Buah Sali Biasanya, bisa tumbuh dan hidup dimana saja, karena dahulunya tanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan pada ketinggian 200-1800 MDPL, Hampir di seluruh Hutan di pulau Jawa, Kalimantan,dan Sumatra di tumbuhi tanaman ini. Namun kelangkaannya bisa dipengaruhi oleh kondisi hutan di Indonesia.

Type above and press Enter to search.